ANALISIS PENGGUNAAN STRATEGI PENOLAKAN TIDAK LANGSUNG DALAM BAHASA JEPANG OLEH MAHASISWA BAHASA JEPANG STBA YAPARI ABA BANDUNG

  • Asteria Permata

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah penggunaan strategi penolakan tidak langsung dalam bahasa Jepang oleh mahasiswa. Data penelitian didapatkan dari WDCT (Written Discourse Completion Test). Responden penelitian mahasiswa semester IV angkatan tahun 2010/2011 STBA Yapari ABA Bandung. Dari hasil penelitian diperoleh gambaran strategi penolakan tidak langsung dalam bahasa Jepang yang digunakan oleh mahasiswa STBA Yapari-ABA Bandung, sebagai berikut: 1) terdapat 7 strategi penolakan tidak langsung yang digunakan oleh responden; 2) strategi penolakan tidak langsung yang paling banyak digunakan adalah alasan dan ungkapan penyesalan yang digunakan pada semua situasi yang diberikan pada WDCT; 3) pemilihan strategi penolakan tidak langsung oleh responden dipengaruhi oleh lawan tutur yang dihadapi; dan 4) dari segi struktur bahasa, tindak tutur penolakan tidak langsung yang digunakan oleh responden masih menggunakan struktur kalimat bahasa Indonesia yang dialihbahasakan ke bahasa Jepang sehingga pola kalimat bahasa Jepangnya terlihat rancu.

Published
2019-03-20
How to Cite
PERMATA, Asteria. ANALISIS PENGGUNAAN STRATEGI PENOLAKAN TIDAK LANGSUNG DALAM BAHASA JEPANG OLEH MAHASISWA BAHASA JEPANG STBA YAPARI ABA BANDUNG. Jurnal SORA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 9-17, mar. 2019. ISSN 2685-1075. Available at: <https://jurnalsora.stba.ac.id/index.php/jurnal_sora/article/view/2>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles