• Jurnal SORA
    Vol 1 No 1 (2016)

    Kami bersyukur bahwa Jurnal SORA edisi perdana ini akhirnya dapat terbit. Jurnal SORA merupakan pengembangan dari jurnal sebelumnya yang telah terbit belasan edisi di lingkungan STBA Yapari-ABA, yaitu Jurnal Bahasa dan Pariwisata. Kami niatkan jurnal SORA ini sebagai terbitan ilmiah yang memiliki fokus pada eksplorasi studi bahasa asing, dikelola dengan semaksimal mungkin merujuk pada Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 1 tahun 2014 tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah, dan menjangkau publik pembaca yang lebih luas. Pada edisi ini kami tampilkan tulisan-tulisan seputar Linguistik dalam konteks beberapa bahasa asing.

  • Jurnal SORA
    Vol 2 No 1 (2017)

    Jurnal SORA kembali menjumpai para pembaca dengan berbagai tulisan dalam lingkup bahasa dan penggunaannya. Isu-isu bahasa dan penggunaannya disuguhkan melalui artikel-artikel yang mencerahkan dan inspiratif. Semoga tulisan-tulisan pada Volume 2 No. 1 ini dapat menambah pengetahuan pembaca dan dapat memperkaya rujukan bagi penulis dan peminat kajian bahasa. Terima Kasih.

  • Jurnal SORA
    Vol 3 No 1 (2018)

    Setelah melalui berbagai kendala dan penundaan, akhirnya Jurnal SORA Volume 3 No. 1, Juli 2018 dapat diterbitkan. Berbeda dengan dua volume sebelumnya yang menyertakan beberapa penulis dari kampus kami, pada volume ini semua penulisnya berasal dari luar kampus. Jumlahnya masih kami pertahankan lima tulisan. Kali ini dengan tiga topik bahasan terkait bahasa Jepang dan dua tentang bahasa Inggris. Selamat membaca untuk semua. Terima kasih kepada para kontributor tulisan. Semoga isi Jurnal SORA ini dapat mencerahkan dan memperluas wawasan kita. Terima kasih.

  • Jurnal SORA
    Vol 3 No 2 (2018)

    Tidak ada yang konstan di dunia ini kecuali perubahan. Segala sesuatu pasti berubah. Demikian pula dengan Jurnal SORA. Sebagai hasil dari beberapa pelatihan tentang pengelolaan jurnal yang kami ikuti, kami sepakat untuk sedikit mengubah penampilan jurnal SORA. Tentu saja kami berniat untuk terus konsisten dengan penampilan tersebut pada terbitan selanjutnya. Yang paling kentara dari perubahan tersebut adalah pada halaman artikel. Ada yang disebut sirahan (header) dan cara kami menampilkan artikel yang tidak lagi terbagi dua dalam satu halaman. Ada beberapa yang lain, bahkan ada beberapa yang lain lagi yang kami rencanakan untuk ditambah di masa datang. Semua itu kami lakukan agar Jurnal SORA semakin sesuai dengan ketentuan akreditasi bagi Jurnal Ilmiah di Perguruan Tinggi.

  • Jurnal SORA
    Vol 4 No 1 (2019)

    Untuk menjadi sebuah jurnal ilmiah yang terakreditasi, kami percaya, itu tidak akan mungkin bisa dicapai dengan cara yang secepat-cepatnya. Perlu proses yang memakan waktu dan membuahkan pelajaran berharga dari satu edisi ke edisi berikutnya bagi semua awak redaksi. Demikian pula yang kami jalani hingga saat ini. Setiap waktu, kami berniat memastikan bahwa Jurnal SORA berada pada rel yang seharusnya untuk tujuan itu. Dalam kaitan itu, pada edisi ini dengan bahagia kami katakan sebuah tonggak pencapaian penting telah kami pancangkan yang akan memperkaya kiprah kami dari sekarang dan seterusnya, yaitu telah adanya situs online Jurnal SORA, yang dapat diakses di http://jurnalsora.stba.ac.id/