THE IMPLEMENTATION OF CODE-MIXING IN ONLINE CLASSES FROM THE ENGLISH EDUCATION

Teacher Perspective

  • Hana Silviana IAIN Syekh Nurjati, Cirebon, Indonesia
  • Ai Siti Anida IAIN Syekh Nurjati, Cirebon, Indonesia

Abstract

Pencampuran kode terjadi ketika manusia dapat mencampur bahasa menggunakan lebih dari satu bahasa dalam pengucapannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan mendeskripsikan fenomena code-mixing, khususnya jenis dan fungsi yang terjadi pada kelas online english student university. Metode ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Sumber data tersebut berasal dari pesan pada aplikasi WhatsApp sejak Maret hingga April 2022. Prosedur pengumpulan data meliputi beberapa langkah. Pertama, membuka aplikasi WhatsApp dan grup kelas online. Kedua, mengamati dan mencari kata-kata atau tulisan dosen yang mengandung code-mixing. Ketiga, menulis dan menganalisis kata-kata dosen yang termasuk dalam code-mixing. Selanjutnya, hasil perhitungan persentase jenis dan fungsi code-mixing dari analisis pesan WhatsApp diperoleh 51 data yang menunjukkan code-mixing. Pada jenis code-mixing, Intra-Sentential adalah tipe yang paling dominan dengan 90,2%, Intra-Lexical dengan 9,8%, dan tipe terendah adalah change pronunciation. Dalam fungsi code-mixing, peneliti menemukan 51 data. Terdapat lima fungsi code-mixing yang berhasil. Ada 1) interjeksi 2) fasilitas ekspresi 3) pengulangan 4) kualifikasi pesan 5) personalisasi dan objektivisasi. Yang membedakan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya adalah materi pelajaran, di mana penelitian ini berfokus pada perspektif guru sebagai aktor utama dalam penggunaan code-mixing dalam chat group WhatsApp.

Published
2023-10-29
How to Cite
SILVIANA, Hana; ANIDA, Ai Siti. THE IMPLEMENTATION OF CODE-MIXING IN ONLINE CLASSES FROM THE ENGLISH EDUCATION. Jurnal SORA, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 1-13, oct. 2023. ISSN 2685-1075. Available at: <https://jurnalsora.stba.ac.id/index.php/jurnal_sora/article/view/84>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles