ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA TEKS FIKSI PADA PEMELAJAR BAHASA PRANCIS

  • Silvi Satia Kemala
Keywords: Membaca teks fiksi, kemampuan membaca, keterampilan membaca, pemelajar bahasa Prancis

Abstract

Penelitian ini menggambarkan kemampuan pemelajar bahasa Prancis dalam memahami teks fiksi berbahasa Prancis, kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh pemelajar dan upaya yang dilakukan pemelajar untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dimaksud. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka, tes dan angket.  Tes yang diberikan kepada pemelajar adalah tes kemampuan membaca tingkat ingatan yang berupa teks fiksi berbahasa Prancis. Soal-soal yang terdapat dalam tes ini berbentuk benar/salah, menjodohkan, dan isian singkat. Tes diberikan sebanyak dua kali dengan teks fiksi yang berbeda. Setelah tes dilakukan, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca pemelajar bahasa Prancis dalam membaca teks fiksi berbahasa Prancis tergolong cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes sebagian besar para pemelajar dengan rata-rata presentase nilai tes kemampuan membaca sebesar 61,5 % untuk tes pertama dan rata-rata sebesar 69,83% untuk tes kedua.

Published
2020-03-13
How to Cite
Kemala, S. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA TEKS FIKSI PADA PEMELAJAR BAHASA PRANCIS. Jurnal SORA, 4(2), 1-14. Retrieved from http://jurnalsora.stba.ac.id/index.php/jurnal_sora/article/view/44
Section
Articles