THE SPEECH ACTS IN THE CLAUSES WRITTEN ON FOUR COVER STORIES IN NEWSWEEKLY WEBSITE: A Pragmatic Approach

  • Zakie Asidiky

Abstract

Cover story selalu menarik pembaca sebelum mereka membaca isinya. Cover story itu sendiri dapat dianggap sebagai sebuah gambar yang terhubung ke artikel tertentu di sampul majalah atau koran. Cover story yang digunakan dalam majalah atau koran memberitahu pembaca tentang pembahasan artikelnya dan mencerminkan isi yang dibahas. Dengan cover Story pembaca akan dengan mudah memahami informasi dalam konteks berita itu. Informasi dalam cover story dapat disampaikan dengan menggunakan gambar dan menggabungkan mereka dengan beberapa kata-kata, frasa atau bahkan kalimat. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan pragmatik. Teori yang digunakan dalam menganalisis data adalah teori tindak tutur yang dikemukakan oleh Searle. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode ini sering disebut sebagai penelitian alami karena dilakukan dalam pengaturan
alamiah yang berarti metode ini juga dapat diartikan sebagai data deskriptif yang diamati, lisan atau tertulis. Penulis telah menganalisa 4 (empat) klausa pada cover story sebuah website berita editorial. Alamat website tersebut adalah http://www.newsweekly.com.au/. Edisi cover story yang digunakan adalah edisi dari bulan Januari sampai Juni tahun 2014. Hasil dari penelitian ini adalah (1) satu-satunya tindak komunikasi yang digunakan dalam empat (4) cover story adalah ‘memberitahu (to tell)’, dan (2) tindak tutur yang digunakan adalah assertive atau representative.

Published
2019-03-20
How to Cite
ASIDIKY, Zakie. THE SPEECH ACTS IN THE CLAUSES WRITTEN ON FOUR COVER STORIES IN NEWSWEEKLY WEBSITE: A Pragmatic Approach. Jurnal SORA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 55-65, mar. 2019. ISSN 2685-1075. Available at: <https://jurnalsora.stba.ac.id/index.php/jurnal_sora/article/view/4>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles